Logo

Grao

Dipublikasikan oleh admin 12 August 2017 2824 Dilihat

     Berbicara masalah wisata merangin, pastinya tiada habisnya .Kabupaten Merangin, terkenal sebagai kabupaten yang memiliki banyak sekali potensi destinasi wisata alam yang begitu indah dan mampu memanjakan mata setiap pengunjungnya. Destinasi wisata alam di kabupaten merangin saat ini mulai diminati oleh tidak hanya pengunjung lokal saja namun sudah menarik perhatian pengunjung dari luar Kabupaten, Provinsi hingga pengunjung dari berbagai daerah di Indonesia.  Bahkan khusus objek wisata Geopark Merangin telah mampu menarik perhatian pengunjung dari mancanegara. Meski telah memiliki Destinasi Wisata alam nan Eksotis namun tidak membuat orang-orang yang penuh perhatian terhadap Pariwisata berdiam diri, dengan memanfaatkan udara sejuk di Jangkat tepatnya. Grao sakti ini terdapat di Desa Renah Kemumu kecamatan jangkat , yang berjarak 150 KM dari Kota Bangko pusat Kabupaten Merangin. 

     Grau ini sangat indah, air grao yang jernih dan panas mengeluarkan asap putih yang tebal. Sekeliling air panas itu juga dihiasi hutan yang yang lebat dan masih alami. Bukan hanya itu saja ketika sampainya grao sakti Merangin kita juga di suguhkan dengan aura mistik pun cukup kental. Ok bagi anda penghobi tantangan bisa datang ketempat ini yang pastinya sayang jika anda tidak mengunjungi. Aura mistisnya dapat kita lihat sendiri jika sampai di sana seperti, ketinggian semburan air grao (geyser yang berada di pinggir sebuah sungai) yang sehari-hari bervariasi.

     Terkadang atraksi menariknya, jika "pawangnya" didatangkan, dengan sebuah teriakan dan tepukan dari sang pawang, semburan air bisa naik sampai beberapa meter dari permukaan semburan. Ya warga setempat memberi nama tempat ini Grao Sakti, geyser yang berada di pinggir sebuah sungai. Pada grao induk, air panas yang mendidih di sela batu besar terus menyembur dari dalam tanah. Untuk mencapai grow sakti potensi wisata alam Jangkat dan sekitarnya belum habis – habisnya di tambah lagi banyak tempat wisata lainnya.

     Seperti air terjun berketinggian bervariasi yakninya air terjun Sigerincing di Desa Tuo , air terjun Mentenang di Muara Madras. Air terjun Sungai Hitam di Desa Renah Pelaan, Danau biru, wisata bunga (hesti’s garden) dan masih banyak yang lainnya, pastinya aura dingin dan pemandangan yang memanjakan mata tiada habisnya di tempat ini. "Ya, kita memang memiliki banyak potensi wisata alam. Terutama di wilayah Jangkat. Di sana terdapat wisata yang mengagumkan. Bahkan grao sakti di sana sangat indah di tambah aura mistisnya ," kata Jangci Moza, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Merangin Jika anda berwisata ada ke inginan untuk membawakan oleh – oleh untuk keluarga, teman pacar, anda tak perlu kuatir, di tempat ini seperti hamparan kebun strawberry yang siap untuk anda petik sendiri dan rasanya di jamin lebih lezat dan segar dari tempat lainnya, siap untuk anda bawa pulang dengan hanya mengeluarkan uang lima ribu sampai sepuluh ribu di jamin anda puas.


Share: