Logo

TELUN AIR BATU

Dipublikasikan oleh admin 12 August 2017 2909 Dilihat


     Telun air batu atau lebih dikenal dengan Air Terjun Perentak ,Panorama air terjun bertingkat yang berpadu suasana alam lestari, menjadi daya pikat utama Air Terjun Telun Perentak. Batuan-batuan besar berwarna hitam yang dialiri air, menciptakan pemandangan eksotis berpadu hijaunya pepohonan disekitar. Tak heran, banyak pengunjung yang rela datang ke tempat wisata ini meskipun diperlukan usaha ekstra untuk mencapainya. Secara administratif, letak Air Terjun Telun Perentak berada Kecamatan Pangkalan Jambu, Kabupaten Merangin, Jambi.
 
     Lokasi air terjun berjarak kurang lebih 60 kilometer dari Kota Bangko, yang dapat ditempuh dengan perjalanan sekitar satu jam saja. Wisatawan pun bisa menggunakan mobil atau motor, namun setelah tiba di desa terdekat perjalanan hanya bisa dilanjutkan dengan motor saja. Jarak dari desa menuju lokasi air terjun sekitar satu kilometer, dengan melewati jalan setapak.
 
     Perjalanan ini juga bisa ditempuh dengan berjalan kaki, terkadang jalanan pun akan becek saat hujan mengguyur. Selama perjalanan ini, pengunjung akan ditemani dengan suasana alam yang masih asri, serta kicauan burung nan merdu. Rasa penat pun sirna seketika saat tiba di lokasi air terjun, terpampang dengan jelas dihadapan mata sebuah air terjun cantik bertingkat yang sangat indah. Gemericik air yang jatuh menimpa bebatuan, terdengar syahdu seolah memecah keheningan hutan. Pengunjung juga akan dimanjakan dengan sejuknya udara di sekitar air terjun.
 
     Memiliki ketinggian mencapai 50 meter, Air Terjun Telun Perentak ini memang sangat unik dan berbeda. Tak seperti air terjun pada umumnya yang pancurannya jatuh langsung ke bawah, air terjun ini justru mengalir lebih tenang karena kemiringan batu yang berundak. Terlihat dengan jelas, air yang jernih menyapu bebatuan disekitarnya. Namun pada sisi lain air terjun, terdapat pula debit air yang mengalir cukup deras sehingga terdengar suara gemuruhnya. Pengunjung pun bisa menikmati di air terjun, dengan berada tepat pada aliran airnya. Sensasi yang ditawarkan pun cukup seru, dan jernihnya air akan memberikan efek segar pada tubuh. Pengunjung pun juga bisa menaiki bebatuan ini, dan menuju ketingkat-tingkat berbeda.
 
     Kayu, rotan dan tebing batu bisa dimanfaatkan sebagai pegangan agar tidak terpeleset. Namun tetaplah berhati-hati karena arus air terjun yang cukup kuat dibeberapa bagian, bisa mengurangi keseimbangan dan bisa saja tubuh akan terhempas jatuh kebawah.Tak hanya bisa menikmati Air Terjun Telun Perentak dari bawah, wisatawan juga bisa melihat panorama indah dari atas air terjun ini. Bagi yang takut melewati tebing-tebing batu, terdapat jalan setapak dan tangga di sebelah air terjun untuk menuju ke atas. Sesampainya diatas, wisatawan akan dimanjakan dengan keindahan alam sekitar berupa hutan dengan hijaunya pepohonan.
 
     Air Terjun Telun Perentak selalu ramai dikunjungi wisatawan dikala akhir pekan maupun liburan. Tak hanya masyarakat Kabupaten Merangin saja, air terjun ini sudah cukup dikenal dan banyak pula yang datang dari luar kota. Bukan tak mungkin, kedepannya air terjun yang masih masuk kawasan Geopark Merangin ini menjadi salah satu destinasi andalan di Jambi.Saat kamu berada di air terjun yang satu ini, maka kamu bisa menikmati panorama alam tak hanya dari bawah saja namun juga dari atas. Jika dari bawah, kamu akan dimanjakan dengan jernih dan segarnya air pada air terjun ini. Dengan leluasa, kamu bisa sepuasnya mandi dan bermain air serta merasakan suasana asri alam sekitar.


Share: